Menyimak semangat egaliter Prancis

Pendahuluan
Isu persamaan hak perempuan terhadap kaum laki-laki menjadi isu yang paling sering diangkat ketika membahas isu ‘egaliter’.  Prancis menjadi salah satu negara yang menganut paham itu. Tak sedikit dijumpai supir sebuah transportasi umum seperti bus, tram, atau metro adalah seorang perempuan. Perempuan merokok juga menjadi fenomena yang normal. Isu ‘egaliter’ jelas mengundang Pro kontra yang tak berkesudahan hingga sekarang. Saya bukanlah pendukung paham ini. Porsi kaum perempuan dan laki-laki sudah jelas diatur dalam agama yang saya yakini. Tulisan ini mencoba memberikan perpektif lain tentang semangat egaliter.

Melihat dari sudut pandang lain
Isu ‘egaliter’ prancis tidak hanya melulu tentang persamaan derajat perempuan terhadap laki-laki. Sungguh, bukan hanya itu. Melihat transportasi umum, sangat nampak semangat egaliter Prancis. Semua kalangan diberikan porsi masing-masing, spot untuk orang tua, ibu hamil, kaum disable pengguna kursi roda, sampai kereta dorong untuk bayi juga ada. Hampir setiap gedung baik gedung universitas, apartemen, perusahaan, atau rumah sakit selalu dilengkapi dengan fasilitas jalan khusus pengguna kursi roda. Kupandang ini sebagai semangat dalam implementasi bahwa setiap individu memiliki hak yang sama dalam meraih pendidikan, menikmati fasilitas kesehatan, dan memperoleh pekerjaan. Terlebih lagi, seorang teman disable pernah bercerita bahwa ia mengenyam pendidikan di tempat yang sama seperti siswa-siswa ‘normal’ lainnya. Bukan sekolah khusus penyandang cacat seperti yang saya saksikan di negara sendiri. Menurut pengakuan teman saya, perlakuan khusus tentu saja masih diperlukan. Namun ia merasa lebih nyaman karena ia merasa tak di’asing’kan dari dunianya dan masih bisa meraih pendidikan hingga S3. Di apotek, disediakan arena bermain khusus untuk anak-anak. Sebagai seorang warga negara asing, saya masih mendapatkan hak yang sama seperti warga negara Prancis dalam hal-hal primer seperti fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas umum. Sedemikian rupa Prancis berkomitmen terhadap paham yang mereka anut.

 

Advertisements

4 thoughts on “Menyimak semangat egaliter Prancis

  1. aalfiryal says:

    Wow, sebegitu kerennya prancis dalam menerapkan prinsip egaliter. Bagaimana dengan yg ada di wilayah pinggiran? kadar ketimpangannya..

    Membaca tulisan ini jadi dapat pengetahuan baru, lanjutkan Didin! 😀

    • Belum bisa digeneralisasi juga sih, firyal. Baru pengamatan pribadi aja.
      Kadar ketimpangan bagaimana maksudnya?

      • aalfiryal says:

        Misalnya seperti di Indonesia, terutama fasilitas umum dan pendidikan, karena beberapa masalah masih banyak daerah yang tidak merata fasilitasnya..

      • Secara umum, tidak tahu, firyal. Tapi beberapa daerah agak pinggir yang pernah aku kunjungi, tidak ada masalah berarti tentang fasilitas pendidikan, kesehatan, dan transportasi. Hanya memang secara kuantitas lebih sedikit. Secara jumlah penduduknya (yang berpengaruh ke demand)juga lebih sedikit kan.. Masalah kesehatan sudah ada program asuransi kesehatan yang sifatnya wajib bagi seluruh penghuni Prancis, warga negara asli atau asing. Kalau punya asuransi ini, fasilitas kesehatan mudah dijangkau. Lalu, tentang transport: Transport umumnya tidak sebanyak yang di kota, baik secara jumlah maupun frekuensi. Kalau masyarakat pinggir yang mayoritas petani/peternak, kebanyakan mereka punya mobil pribadi karena gak mungkin bawa hasil tani/ternak mereka pakai transport umum. Kalau secara kualitas (terutama pendidikan dan kesehatan) kupikir sih tidak jauh berbeda. Wallahu ‘alam. Semoga ada yang lain yang baca dan memberikan koreksi jika tidak demikian.

        Kalau di tempat kita sepertinya masih butuh banyak improvement, terutama dari tangan-tangan hebat kayak sampeyan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s