Profil Alumni PPSDMS NF (Didin: Sang Promotor Perubahan)

-Mengenal Alumni PPSDMS Nurul Fikri Lebih Dekat-

Menjadi bagian dari keluarga besar yang tak berpendidikan tinggi membuatnya bertekad untuk menjadi promotor perubahan dalam keluarganya. Itulah Achmad Choiruddin. Dari seluruh keluarga besarnya, barulah ia seorang yang diberikan kesempatan untuk menginjakkan kaki menikmati dunia pendidikan tinggi. Saudaranya yang lain? Mentok berhenti sampai SMA atau SMK.

Sejak lahir pada 10 Desember 1991 silam, Didin, sapaan akrabnya, sudah terbiasa dengan kehidupan yang serba sederhana. Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan rumit, akhirnya ia berhasil diterima di jurusan Statistika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada tahun 2009, melalui program Beasiswa Masuk Universitas yang membebaskannya dari biaya awal masuk kuliah. Pada tahun 2010, ia kemudian akhirnya mulai benar benar “menemukan” dirinya saat bergabung menjadi peserta PPSDMS regional 4 Surabaya. Empat jati diri PPSDMS mulai terpatri dalam dirinya dan ia mencoba untuk menyeimbangkan ke empat elemen tersebut. Selain sempat dipercaya memegang amanah Sekjen Eksternal BEM FMIPA ITS yang berhasil menginisisasi Great Event of MIPA ITS, Didin juga aktif dalam berbagai program kepemudaan dan kepemimpinan nasional seperti Indofood Leadership Camp, Young Leaders for Indonesia, dan Forum Indonesia Muda. Didin juga terlibat menjadi mentor selama kuliah di ITS, baik mentor agama bagi mahasiswa baru, mentor keilmiahan penulisan PKM, pemandu LKMM, sampai mentor kegiatan pengabdian masyarakat melalui program pena bangsa yang bekerjasama antara PPSDMS dan YDSF Surabaya. Tak dipungkiri, Didin memang cukup berpassion dalam dunia ilmiah dan ia terus berusaha untuk mengoptimalkan potensi tersebut: mulai dari mengoptimalkan indeks prestasi di tiap semester (hingga mendapat penghargaan sebagai peraih IPK tertinggi), lalu terlibat dalam dan memenangkan berbagai kompetisi karya tulis ilmiah, PIMNAS, Olimpiade Statistika, mengikuti berbagai Seminar ilmiah Nasional dan Internasional, hingga tahun 2013 ia dianugerahi sebagai Mahasiswa Berprestasi 3 ITS.

Seolah tak ingin menyia-nyiakan waktu dan kesempatan, ia nekad mengambil program Fast-Track Double Degree Indonesia Perancis pada tahun 2012. Sebuah program yang mengijinkannya memulai kuliah S2 di Statistika ITS saat ia berada di semester 7 Strata 1, lalu kemudian dilanjutkan program Master satu tahun di Perancis, sehingga jika ditotal Didin dapat menyelesaikan program studi hingga Master dalam lima tahun. Pada 13 Oktober lalu, telah diadakan Ceremonial kelulusan Master Science di Université d’Aix-Marseille, Perancis. Didin, sebagai salah satu mahasiswa pada program Master Sciences, telah dinobatkan sebagai lulusan terbaik untuk jurusan Mathématiques Appliquées aux Sciences Sociales karena berhasil mendapat nilai tertinggi di angkatannya. Dan berkat kerja keras sekaligus do’a orang-orang disekitarnya, Didin mendapat tawaran riset PhD selama tiga tahun justru sebelum ia lulus dari program Masternya.

”Saya menerapkan metode visualisasi mimpi yang diajarkan bang Bachtiar dan mengaplikasikan ilmu yang saya dapat di pelatihan MHMMD pas di PPSDMS dulu,” jawab Didin saat ditanya bagaimana tipsnya sambil tersenyum.

Kini Didin, disuianya yang relatif muda (22 tahun), sudah berpindah kota dari Marseille ke Grenoble untuk melaksanakan program riset PhD nya di Laboratoire Jean-Kuntzmann di Université Joseph Fourier, Grenoble, Perancis.

Keluarga adalah motivasi terbesarnya untuk terus dan terus berbenah menjadi lebih baik. Ia ingin generasi selanjutnya di keluarganya dapat menikmati dunia pendidikan seluas yang mereka cita-citakan, lalu ia ingin mendirikan perpustakaan umum dan juga sekolah berbasis minat bakat. Ia bercita-cita untuk tak melihat lagi adanya permasalahan anak Indonesia putus sekolah atau tak beruntung mengenyam pendidikan. Baginya, pendidikan adalah salah satu faktor terpenting untuk berubah: merubah diri, merubah hidup, merubah keluarga, merubah bangsa, hingga merubah dunia. Di masa mendatang, ia ingin memiliki peran signifikan dalam perbaikan dunia pendidikan Indonesia dan ikut andil mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s